Cara Mudah Membersihkan Kotoran di Mesin Mobil

Kebersihan bodi dan interior mobil mungkin menjadi fokus utama Kawan Kapsul ketika mencuci mobil. Berbagai treatment di lakukan untuk kedua bagian mobil ini. Pada bagian bodi misalnya, Kawan Kapsul tidak hanya melakukan perawatan dengan mencuci bersih tetapi juga pada rentang waktu tertentu melakukan poles bodi untuk mengkilapkan kembali cat yang telah kusam.

Demikian juga dengan interior, selain karpet yang dicuci, Kawan Kapsul juga pastinya melakukan pembersihan dengan cara mengelap dasbor, bagian dalam kaca menggunakan kain fiber basah, dan tidak lupa menyedot debu yang tejebak di sela-sela bagian dalam mobil dengan vacuum cleaner. Lalu bagaimana dengan kebersihan bagian mesin mobil Kawan Kapsul?

Ya, bagian dapur pacu ini acap kali luput dari perhatian, karena memang letaknya yang tersembunyi dibawah kap sehingga ketika mencuci mobil bagian tersebut tidak terlihat. Namun ketika kap mesin dibuka barulah Kawan Kapsul sadar betapa kotornya mesin mobil. Nah, pada saat itulah pasti terpikir dalam benak untuk membersihkan bagian ini. Namun lagi-lagi yang menjadi kendala adalah bagian mesin ini harus mendapatkan perlakuan khusus jika mau dibersihkan, seperti yang kita ketahui karena pada bagian ini terdapat banyak komponen sensitif, jika salah penanganan bisa-bisa mesin mobil tidak mau hidup.

Lalu bagaimana cara membersihkan ruang mesin secara aman? Berikut kami langkah-langkahnya:

  1. Untuk membersihkan mesin mobil sebaiknya kondisikan mesin mobil dalam keadaan hangat. Jika kondisi mesin masih dingin,hidupkanlah mesin mobil dan diamkan beberapa saat.
  2. Setelah itu perhatikan bagian pengapian pada mobil jangan sampai terkena air. Caranya adalah dengan menutup komponen-komponen tersebut dengan kantung plastik dan ikat dengan selotip/karet gelang. Adapun komponen kelistrikan itu adalah Dinamo Stater, Kabel-kabel busi , Delco, Altenator, serta sensor dan sistem elektronik mesin.
  3. Bagian tutup oli dan tongkat pengecek oli juga harus dipastikan dalam kondisi tertutup rapat. Ini untuk mengantisipasi masuknya air kedalam mesin mobil.
  4. Kini Kawan Kapsul dapat langsung melakukan proses pembersihan. Pertama-tama Kawan Kapsul dapat membersihkan bagian yang mudah terlebih dahulu, misalnya adalah bagian bawah kap mobil dan dinding luar mesin. Caranya adalah dengan menyemprotkan air secara merata ke seluruh bagian tersebut kemudian bersihkan dengan menggunakan sabun colek. Caranya adalah dengan mencampur sabun colek dengan air kemudian gunakan kain lap/spons/kuas/sikat untuk membersihkan kotoran yang menempel. Setelah itu bilas hingga busa sabun yang menempel luruh kemudian keringkan dengan kain lap yang mudah menyerap air.
  5. Langkah selanjutnya adalah bagian utama mesin mobil. Semprotlah terlebih dahulu bagian ini dengan air yang mengalir melalui selang (jangan menggunakan alat steam mobil). Jika seluruh bagian telah basah, lakukan kembali pembersihan sama yaitu dengan kain lap/spons/kuas/sikat, tergantung letak kotoran yang menempel. Setelah semua bagian bersih lakukanlah pengeringan dengan kain lap yang mudah menyerap air.
  6. Agar mesin terlihat kinclong seperti baru, Kawan Kapsul dapat memoles bagian mesin dengan cairan khusus untuk memoles mesin mobil yang banyak beredar di pasaran. Namun yang harus diperhatikan adalah jangan memoles bagian tali kipas, karena bersiko karet tali kipas menjadi keras yang mengakibatkan timbul bunyi berdecit.

Mudah bukan membersihkan mesin mobil? Kini Kawan Kawan Kapsul tidak perlu menyerahkan pekerjaan ini ke salon perawatan mobil dengan biaya mahal. Dengan menyisihkan sedikit waktu, Kawan Kapsul dapat menghemat uang dan pastinya mendapatkan kepuasan batin karena dapat menangani mobil sendiri. Selamat mencoba!