Penyebab, Akibat, dan Solusi Anak Mengantuk di Kelas

Mengantuk merupakan sinyal bahwa tubuh membutuhkan istirahat untuk melepaskan lelah setelah beraktivitas. Akan tetapi jika anak kita sering mengantuk dikelas, pastinya sebagai orang tua bingung atau khawatir tidak bisa mengikuti pelajaran dikelasnya. Tidak berprestasi bukanlah akibat langsung dari perilaku anak yang sering mengantuk dikelas. Karena ukuran berprestasi sangatlah luas mengingat setiap anak mempunyai keunikan dan kecerdasan yang berbeda-beda. Namun tetap saja kebiasaan mengantuk dan tertidur di kelas akan mengganggu proses belajar Si Kecil.

Beberapa faktor penyebab anak-anak mengantuk di kelas saat pagi hari diantaranya:

  • Kualitas dan kuantitas tidur, kuantitas anak bisa dilihat dari ketenangan anak saat tidur.
  • Asupan makanan, pola sarapan dengan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi dalam jumlah berlebihan kurang bagus kerana merangsang rasa kantuk di pagi hari. Sebaiknya jika ingin memberikan asupan makan tersebut lakukanlah di siang atau malam hari, sehingga menimbulkan rasa kantuk pagi harinya.
  • Mengantuk juga bisa disebabkan oleh penyakit yang dideritanya, misalkan amandel, asma, anemia atau penyakit otak. Infeksi kronis pada amandel akan menghalangi proses oksigenisasi otak karena amandel yang membesar akan menutup jalan pernafasan. Hal ini akan menurunkan daya tahan dan stamina tubuh anak, sehingga anak cepat lelah dan mengantuk. Selain itu penyakit anemia yang disebabkan kekurangan darah karena kadar hemoglobin yang rendah, juga mengakibatkan pasokan oksigen ke otak menjadi berkurang.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi obat, anak yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang mengandung antihistamin biasanya cepat mengantuk. Hal tersebut dikarenakan antihistamin menimbulkan efek rasa kantuk sehingga penderita sakit bisa beristirahat dengan cukup yang berguna untuk mempercepat penyembuhan.

Sebaiknya jika anak terlihat selalu mengantuk di pagi hari saat belajar segera ditangani. Karena jika kondisi tersebut dibiarkan dan tidak ditangani maka potensi yang dimiliki setiap anak tidak bisa tergali secara optimal. Berikut dampak buruk anak mengantuk di kelas:

  • Kurang fokus dalam belajar dan tidak konsentrasi pada kegiatan yang sedang berlangsung.
  • Tidak kreativitas dan kemampuan memori atau berfikirnya rendah.
  • Gerakan aktifitasnya lamban dan kurang berhati-hati.
  • Reaksi pada suatu hal atau daya tangkap pada pelajaran lambat (tidak mudah mengerti jika guru sedang menerangkan materi pelajaran).
  • Kurang cermat atau kurang semangat dalam mengerjakan pelajaran yang sedang berlangsung.

Kawan Kapsul sebagai orang tua harus segera memberikan penanganan jika anak selalu mengantuk di pagi hari. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah tips agar anak tidak mengantuk di kelas :

  1. Membuat kesepakatan antara orang tua dan anak buat kesepakatan dengan anak mengenai aturan kapan waktu bermain, belajar, dan beristirahat atau tidur, beri penjelasan kepada anak mengenai apa pentingnya atuiran tersebut dibuat. Beritahukan kepada mereka efek-efek jika mereka tidak beristirahat dengan cukup atau tidur terlalu malam.
  2. Membatasi anak untuk menonton TV atau bermain game. Kedua media ini mempunyai daya hipnotis pada anak, sehingga membuat anak terjada dan melupakan rasa kantuknya karena syik menyaksikan acara televisi. Tentukan kapan saja mereka boleh menonton TV dan bermain game.
  3. Jika anak sudah terlanjut menderita penyakit insomnia, obatilah. Rasa kantuk yang diakibatkan penyakit tidak akan bisa hilang selama penyakitnya belum disembuhkan. Jadi hubungilah ahlinya untuk mendaptkan penanganan yang tepat hingga penyakitnya bisa disembuhkan.
  4. Konsistensi. Aturan harus ditegaskan secara konsisten oleh semua pihak, meskipun orang tuaharus meninggalkan anak di rumah untuk bekerja. Mintalah bantuan pada pengasuh atau keluarga yang menemani anak di rumah, untuk tetap konsisten dalam menerapkan aturan yang telah disepakati bersama anak.