Manfaat Cacing Tanah Sebagai Obat Tradisional

Sering kali kita merasa jijik ketika menemukan cacing tanah menggeliat di sekitar pekarangan rumah. Hewan yang berbentuk silinder panjang beruas dengan garis tengah 5-12 milimeter dengan panjang tubuh 11-16 centimeter ini tidak hanya berguna untuk menyuburkan tanah, tetapi juga untuk obat berbagai macam penyakit. Jika di lihat dari bentuknya, cacing tanah tidak memiliki mata dan sungut peraba dengan warna punggung hewan ini coklat agak keungungan, sedangkan dan bagian perut terlihat lebih pucat.

Habitat hidup cacing tanah biasanya di tanah-tanah yang agak lembab, gembur, tempat sampah, dan tanah yang mengandung banyak protein tinggi, misalnya kotoran sapi, kelinci dan kambing. Cacing tanah ini memakan tanah yang mengandung unsur pelapukan dan kaya akan zat organik celulose.

Cacing tanah ini berkhasiat mengobati penyakit karena mengandung ezim khusus yaitu pH 8 yang dapat melarutkan semua tanah dengan sempurna. Selain itu cacing tanah mengandung lumbrifebrine, lumbritine, testrolumbrolysin,  dan hypoxanthine. Cacing tanah juga mengandung asam amino, xanthine, adenin, guanidine, chlorogin, dan choline. Nah dengan kandungan itu cacing tanah memiliki khasiat antara lain :

  1. Penurun panas badan
  2. Melebarkan saluran pernafasan dan melegakan pernafasan
  3. Menurunkan tekanan darah
  4. Menyembuhkan penyakit step pada anak.

Untuk mengonsumsi cacing tanah sebagai obat, berikut adalah cara pengolahan cacing tanah:

  • Masukkan sekumpulan cacing tanah ke dalam wadah kemudian campur dengan abu merang (abu dari bakaran pohon padi).
  • Rendam sebentar dengan air hangat dan buang lendir-lendir yang melekat pada tubuh cacing.
  • Buka isi perut cacing dan bersihkan dari kotoran yang berupa gumpalan pasir sampai benar-benar bersih.
  • Keringkan cacing dengan cara di jemur pada sinar matahari atau dipanggang dengan api sedang sampai benar-benar kering.
  • Setelah kering, olahan cacing tanah yang berbentuk lempengan pipih ini siap digunakan sebagai obat anti demam atau typus.

Untuk membuat obat anti demam atau typus ambillah 5 buah cacing tanah tadi atau kira-kira 7 gram-10 gram yang telah jadi dan kering masukkan ke dalam rebusan air 2 gelas rebus hingga tinggal 1 gelas, minumlah selagi hangat. Kawan Kapsul dapat menambahkan madu secukupnya untuk menambahkan rasa.

Selain dengan cara di rebus Kawan Kapsul dapat menumbuk cacing yang telah kering tersebut untuk dijadikan serbuk halus. Kemudian serbuk tersebut anda dapat masukkan kedalam kapsul. Untuk kapsul anda dapat mengkonsumsinya dengan cara meminum 1 buah kapsul setiap malam.

Perlu diingat, pada waktu mengkonsumsi cacing tanah ini sebaiknya Kawan Kapsul tidak makan garam atau makanan yang terlu asin, bawang merah dan bawang bombay. Karena keduanya dapat menetralkan atau memblokir efek turun panas yang dihasilkan oleh obat cacing tanah tersebut.

Kalau anda repot dan merasa jijik untuk membuat sendiri anda dapat membeli di toko obat tradisional. Obat cacing tanah ini biasanya sudah di masukkan kedalam kapsul dengan cara diambil ekstraknya dan diambil tepungnya. sehingga Kawan Kapsul dapat meminumnya langsung tanpa perlu repot untuk membuatnya.