Khasiat Infused Water dan Cara Membuatnya

Belakangan ini sedang ramai diperbincangkan tentang salah satu tren kesehatan yaitu infused water. Mungkin banyak yang bertanya-tanya apa sebenarnya infused water itu? Pada dasarnya infused water atau sering disebut dengan spa water adalah air putih yang kemudian dimasukkan berbagai macam buah-buahan segar.

Dengan proses yang demikian maka sari-sari dari buah yang direndam dalam air putih akan keluar dan akan memberikan berbagai manfaat bagi Kawan Kapsul yang minum air putih tersebut. Selain itu bagi Kawan Kapsul yang selama ini bosan dengan rasa air putih yang tawar, ini bisa dijadikan cara baru menikmati air putih. Karena aroma dari buah yang di rendam dalam air putih akan membuat rasa air tersebut berbeda dari biasanya. Ketika diminum pun akan memberikan efek kesegaran yang berbeda.

Jika dilihat dari penampilannya, infused water ini sangat menggiurkan. Perpaduan berbagai macam buah yang di masukan kedalam wadah bening kemudian di isi air putih akan terlihat cantik dan menyegarkan. Apalagi tidak ada aturan baku dalam mencampur buah dan herbal lainnya. Jadi Kawan Kapsul dapat mencampurkan ramuan buah yang berwarna merah misalnya apel dengan buah yang berwarna hijau misalnya potongan jeruk nipis.

Berikut adalah cara membuat infused water yang dapat Kawan Kapsul jadikan acuan:

  1. Siapkan buah-buahan/herbal/rempah-rempah apa yg akan dimasukkan.
  2. Kemudian cuci bersih buah-buahan tersebut, dan potonglah buah-buahan menjadi bebarapa bagian agar dapat masuk ke wadah tempat mencampurkan air dan buah. Perbandingannya adalah 5-10 potong buah per 100ml air.
  3. Langkah selanjutnya adalah mencampurkan air dan buah dalam satu wadah. Jika dirasa akan menimbulkan rasa asam, Kawan Kapsul dapat menambahkan sedikit sirup atau gula yang sudah dilarutkan dalam air.
  4. Setelah itu tutup wadah dan simpan di lemari es selama 2 jam.
  5. Setelah 2 jam Infused Water sudah siap dinikmati.
  6. Jika air putih infused water itu habis, Kawan Kapsul dapat mengisi ulang air putih tersebut. Buahnya pun dapat dimakan jika Kawan Kapsul mau. Namun yang harus diperhatikan adalah ganti buah ketika telah melewati 48 jam. Ini untuk menjaga kesegaran buah agar tetap terjaga.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan, berikut ini adalah panduaan dalam mencampurkan buah yang akan dijadikan infused water:

Timun + jeruk nipis + lemon

Dapat bermanfaat sebagai penunjang diet, karena dapat mengontrol nafsu makan, mengatasi perut kembung, menjaga kesehatan pencernaan, dan mengatasi dehidrasi.

Stroberi dan kiwi

memperlancar pencernaan, bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular, menurunkan gula darah, dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Lemon, jeruk nipis

Kadungan yang kaya akan vitamin C di kedua buah tersebut bermanfaat untuk menjaga sistem pertahanan tubuh kita.

Teh hijau + daun mint + jeruk nipis

campuran 3 jenis herbal ini bermanfaat untuk pembakaran lemak, meredakan sakit kepala, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan pernapasan, dan mengatasi susah buang air besar.

Tips yang harus Kawan Kapsul perhatikan dalam membuat infused water:

  1. Cuci bersih buah sebelum dijadikan untuk infused water. Ini sangat penting untuk membersihkan bahan kimia dan kotoran yang menempel pada buah.
  2. Gunakan buah yang bukan kategori Acid dan tidak terlalu manis untuk membuat infused water. buah yang banyak digunakan untuk membuat infused water adalah strawberry, bluberry, kiwi, mangga, lemon, jeruk, apel, dan nanas. Jangan menggunakan buah-buahan yang terlalu manis seperti buah pisang.
  3. Agar rasa dan khasiatnya maksimal, setelah buah dicampurkan dengan air masukkan ke dalam kulkas selama minimal 5-6 Jam.